Kamis, 04 September 2014

SEJARAH REMAJA MUJAHIDIN



Pada tanggal 23 Oktober 1978 diresmikan sebuah bangunan masjid yang berlokasi di Jl.Jendral Ahmad Yani Kota Pontianak diberi nama Masjid MUJAHIDIN yang berarti Para Pejuang di karenakan proses pendirian masjid Raya ini memerlukan perjuangan yang besar, semua elemen umat Islam saling-bahu membahu untuk mendirikan sebuah masjid  Raya Mujahidin.
Masjid Raya Mujahidin tidak hanya diisi dan diramaikan oleh jamaah yang dewasa ( sudah berkeluarga ) akan tetapi mendorong generasi muda untuk turut berupaya mengisi kegiatan Masjid dalam arti positif sebagai proses kaderisasi dan pedelegasian tanggung jawab . Maka tidak beberapa lama sejak diresmikan Masjid Raya Mujahidin para pemuda/remaja disekitar membentuk suatu organisasi untuk mengajak peran serta remaja untuk berdakwah dan mengisi kegiatan bermanfaat yang diberi nama Remaja Mujahidin, yang berdiri di Pontianak pada tanggal  2 April 1979 bertepatan dengan 4 Jumadil Awal 1399 H.
REMAJA MUJAHIDIN (RM) merupakan bagian dari Masjid Raya Mujahdin, mencoba melaksanakan segala kegiatannya dari tahun ke tahun dengan mengikuti perkembangan sosial remaja, khususnya remaja ibukota Provinsi. Agar tetap terarah maka RM terus berupaya melakukan perbaikan dalam agenda-agendanya.
Tujuan
Remaja Mujahidin dalam menjalankan aktivitasnya organisasi yang bertujuan Terbinanya kehidupan beragama dalam kalangan remaja Islam, mengembangkan potensi kretif, keilmuan, sosial dan budaya
Keberadaan RM membantu anggota-anggotanya untuk belajar berorganisasi dan bermasyarakat seperti dalam menghadapi hal -hal yang rutin seperti tanggung jawab dalam Kepanitiaan Ramadhan, Zakat Fitrah , Idul Fitri dan Qurban serta hari-hari besar Islam lainnya serta Bakti Sosial seperti Khitanan Massal, Pelayanan Kesehatan Remaja Islam Darul Ma'arif juga membina anggota-anggotanya untuk membentuk pribadi-pribadi yang Izzah(Bangga)  terhadap Islam maka mengadakan kegiatan kegiatan seperti Nuzulul Qur’an, Siraman Rohani, Itikaf pada bulan Ramadhan ; melatih skill kepemimpinan dengan pelatihan-pelatihan leadership yang bekerja sama dengan Lembaga Manajemen Terapan. Selain itu juga menjalain ukhuwah dengan Remaja Masjid Lainnya dalam Forum Silahturahmi Remaja Masjid (FSRM), selain itu juga mengikuti undangan-undangan seminar seminar, dan pelatihan lainnya.
Remaja Mujahidin merupakan Organisasi yang tidak pernah absen dari aktivitas-aktivitas. Mulai dari aktivitas mingguan seperti Pengajian rutin anggota, olahraga mingguan, bimbingan belajar anggota, dll. Selain itu agenda dwi mingguan dan bulanan Remaja Mujahidin yaitu seperti Ta’lim Keliling Anggota serta Remaja Masjid se – Kota Pontianak, Futsal Bareng Remaja Masjid se-kota Pontianak, Penyaluran bakat bagi anggota dan remaja kota pontianak, training-training dll. Selain itu juga agenda tahunan yang tak kalah menarik yang tidak hanya melibatkan remaja, namun juga melibatkan orang dewasa seperti Pawai Ramadhan, I’tikaf Ramadhan, festival da’I dan da’iah,Training Motivasi Pelajar Islam, Training Kaderisasi Remaja Masjid (TKRM), Perkampungan Muslim Ramadhan, Khitanan massal, serta kegiatan-kegiatan sosial lain yang terus menerus berjalan walaupun terjadi pergantian pengurus.

Kepengurusan Remaja Mujahidin
Yang menarik dari organisasi ini adalah para pengurus hariannya yang didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa aktif. Namun demikian organisasi ini tidak mempengaruhi penurunan nilai akademik dan kualitas pengurus dan anggotanya, namun sebaliknya justru organisasi ini malah dapat meningkatkan kualitas akademik dan potensi diri pengurus dan anggotanya. Seperti di contohkan oleh salah satu pengurus aktif Remaja Mujahidin, M.Mahrani yang juga selaku pengurus PUSDIKLAT Yayasan Mujahidin dan Dewan Masjid Indonesia kec.Pontianak Selatan dan sekarang menjabat sebagai ketua umum Remaja Mujahidin Kalbar. Beliau mengatakan bahwa beliau seolah-olah dilahirkan oleh Remaja Mujahidin. Pengurus yang baru berumur 25 tahun ini kini tak terasa hampir 9 tahun aktif di Remaja Mujahidin Pontianak dan Alhamdulillah melalui support dan motivasi yang terus menerus diberikan Remaja Mujahidin, kini ia telah mempunyai usaha pribadi serta tidak pernah tertinggal dalam prestasi akademiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar